Saling Berbagi Para Pengendara Nissan March di March i Chapter Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID – Ada wadah persaudaraan bagi para pemilik mobil Nissan March. Di Sulawesi Utara ini namanya March-i Chapter Manado. Dulunya komunitas ini bernama Manado March Community (MMC).

Benih terbentuknya komunitas ini terjadi pada 30 September 2016 ketika Shinta dan Kevin, dua anggota resmi March‑i WAG (WhatsApp Group) March‑i Nasional, bertemu di akun Whatsapp. Mereka berdiskusi kemudian bersepakat mengajak pengguna Nissan March lainnya untuk bergabung.

Pada 6 Oktober 2016 mereka bertemu langsung kemudian membuat undangan bergabung dalam komunitas. Mengumpulkan calon anggota ternyata butuh kerja keras. Undangan itu mereka sisipkan pada penyeka (wiper) depan setiap mobil Nissan March. Undangan juga dititipkan di bengkel resmi (beres) Nissan di Jalan Martadinata.

Setelah beberapa nama bersedia bergabung, mereka kemudian membuat grup WAG. WAG itu kemudian diberi nama “Manado March Community”. Tidak semua mereka yang bergabung mendaftarkan diri secara resmi ke March‑i pusat.

Dari jumlah tujuh orang, kini anggota yang ter-update hingga 25 Januari 2017 berjumlah 47 orang. Namun, pertemuan atau kopi darat (kopdar) perdana sudah dilaksanakan pada 15 Oktober 2016 di Megamas. Saat itu hanya ada tiga orang anggota.(tribun manado/david manewus)

Pada 17 Oktober 2016, sesuai hasil diskusi dan izin Ketua Umum Hengky dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Marchi pusat Tasma Andika, WAG “MMC” berganti nama menjadi “March‑i Chapter Manado“. Mereka juga mengubah akun FB dan FB Grup dari “MMC” menjadi “March‑i Chapter Manado“.

Pada 28 Oktober 2016, komunitas mengajak Indra Setyadi, Workshop Head (kepala bengkel) di  Nissan Martadinata untuk masuk sebagai anggota dan terlibat dalam kegiatan March‑i Chapter Manado. Harapannya March‑i dan Beres (Bengkel Resmi) Nissan Martadinata dapat menjalin kerja yang baik, terutama untuk layanan servis purna jual.

Pada 7 Januari 2017 diadakan kopdar untuk pemilihan pengurus resmi March‑i Chapter Manado. Pada 11 Januari 2017, mereka memasang banner “March‑i Chapter Manado” di Beres Martadinana. Dengan itu diharapkan lebih banyak pengguna kendaraan March mau bergabung dengan wadah ini. Kopdar terakhir dibuat pada 22 Januari 2017 di Universitas Klabat (Unklab) Minahasa Utara.

Shinta Wardhani, Ketua March‑i Chapter Manado mengaku asyik mengikuti komunitas itu karena dapat bertemu dengan teman‑teman baru. Mereka bisa saling berbagi.

Indra Setyadi, Kepala Bengkel Nissan Martadinata, mengatakan, komunitas ini merupakan komunitas sharing. Mereka sekarang dinaungi dealer resmi yang bertujuan mengedukasi pelanggan. Mereka dibina sebagai pelanggan, juga sebagai komunitas.

“Kami mengapresiasi. Dengan adanya komunitas kami memperoleh masukan secara langsung,” ujarnya.

Komunitas itu katanya memberi warna baru di Manado. Ia mengharapkan komunikasi yang baik bisa tercipta di masa yang akan datang.

Keuntungan yang diperoleh, kata Indra, ialah ada hubungan pertemanan antara customer dan dealer resmi. Setiap permasalahan bisa dibantu dengan waktu dan tenaga.

“Kalau sparepart (suku cadang) diskon sebesar lima persen se‑Indonesia,” ujarnya.

Sumber : tribunnews

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: